-->
ads here

Tips Check Kecepatan Loading Blog !!

advertise here
Salah satu cara memanjakan pengunjung adalah dengan meningkatkan performa blog dalam kecepatan. Dengan blog yang semakin cepat, pengunjung akan sangat mudah menelusuri semua artikel yang ada di dalam blog. Sehingga seluruh navigasi terasa tak sia-sia karena mampu berfungsi secara maksimal.

Loading blog yang cepat memang sangat disukai pengunjung, terlebih pengguna internet yang minim kuota. Dengan kuota terbatas serta jaringan yang lambat pasti sulit untuk membuka sebuah blog dan membaca artikel per artikel didalamnya. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk semua blogger mengetahui kecepatan loading blog yang ia kelola dan memperbaikinya.

Kecepatan loading blog sangatlah mempengaruhi banyaknya visistor didalam blog. Jika performa kecepatan semakin bagus, trafik blog akan semakin tinggi. Tetapi apabila loading blog kurang optimal, trafik blog akan semakin rendah. Karena hal itu pula, tidak aneh rasanya apabila loading blog termasuk cara membuat artikel menjadi human friendly.

Untuk mengetahui kecepatan loading blog, dapat anda lakukan dengan memanfaatkan beberapa situs khusus. Dalam hal ini saya merekomendasian 3 situs, yaitu Google PageSpeed Insights, GTmetrix, dan Pingdom. Dari ketiga situs tersebut anda bisa memilih salah satu diantaranya, karena situs-situs tersebut hampir sama tingkat keakuratannya dalam mengecek kecepatan loading blog.

PageSpeed Insights

Situs ini merupakan aplikasi web yang dikembangkan oleh google untuk membantu pemilik website  mengetahui kecepatan blog dalam versi desktop dan mobile.

Pertama buka situs tersebut dengan link berikut PageSpeed Insights

Masukan url blog anda

Setelah itu tekan tombol Analisis

Cek kecepatan loading blog
Tunggu beberapa saat, kemudian kecepatan loading blog anda akan terlihat.

Ket:

Jika anda mendapat nilai antara 90-100 itu berarti kecepatan loading blog anda sangat baik. Jika anda mendapatkan nilai antara 75-90 itu masih bisa dikatakan normal. Namun, apabila nilainya dibawah 75 ada baiknya untuk diperbaiki.

GTmetrix

Buka situsnya melalui link berikut GTmetrix

Tulis url blog anda, kemudian tekan Analyze

Tunggu hingga prosesnya selesai, kemudian lihat grade apa yang anda dapat, A,B,C, ataukah D

Pingdom

Untuk pingdom, buka langsung toolsnya disini Tools Pingdom

Masukan url blog anda dan kemudian pilih From Test, kemudian tekan tombol Start Test

Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai dan lihat hasilnya

Setelah mengetahui kecepatan loading blog dan dirasa harus diperbaiki, ada baik untuk memperhatikan tips sederhana berikut ini untuk mengoptimalkan kecepatan loading blog tersebut.

1. Kurangi widget yang tidak perlu

2. Kompres gambar sebelum menerbitkan suatu artikel

3. Gunakan template blog yang super ringan

Itulah cara mudah mengetahui kecepatan loading blog serta tips sederhana mengoptimalkan kecepatan blog. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman blogger semua. Apabila anda memiliki rekomendasi situs yang lebih bagus dari situs diatas. Tolong bagikan kepada saya dan pembaca di blog saya dengan menuliskannya di kolom komentar.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()